Saben Selawe

sabenselawe

DITEMBAK? Hmm.. tanggal 23. Selang beberapa hari aku tanya kenapa nembaknya gak ditanggal cantik (penting). Dengan sederhana dia bilang, “Ya udah kita ingetnya tiap tanggal 25 aja, kan waktu didoain leader di Gereja tanggal 27, jadi tengah-tengah”. Gak aku debat. Dua puluh lima, tanggal kelahiranku juga kelahirannya dan yang penting… tanggal gajian, siapa yang gak senang. Semua senang HORAY! #SabenSelawe

Dalam bahasa Jawa, Saben itu Setiap, Selawe itu Dua Puluh Lima. Jadi, semoga niat posting setiap tanggal 25 menjadi kenyataan. Well, jangan harap aku posting seperti Awkarin dan pasangannya (waktu aku siapkan tulisan ini Oka Mahendra belum meninggal), atau Reza Oktovian dan Wendy bukan gak mau tapi gak ada budget sama sadar diri HAHAHA.

Selawe. Saat mempelajari secara Etimologi ternyata Selawe dapat dijabarkan menjadi tiga kata: SEneng-senenge LAnang lan WEdok, senang-senangnya lelaki dan perempuan. Begitulah Bahasa Jawa memiliki keunikan dan filosofi pada kosakatanya, seperti:

  • GURU, ternyata punya filosofi ‘digugu lan ditiru’; diikuti dan dicontoh.
  • DALANG, ‘ngundang piwulang’; memberikan pengajaran.
  • GARWO atau dalam Bahasa Indonesia disebut Istri, ternyata punya filosofi ‘sigaraning nyowo’;  setengahnya nyawa, belahan jiwa.
  • dan masih banyak lagi

Selawe. Dua puluh Lima, usia rata-rata dimana biasanya manusia mulai serius memikirkan Pasangan Hidupnya. Beberapa web menyebutkan, usia Puncak asmara laki-laki dan perempuan, sehingga pada usia tersebut pada umumnya orang menikah.

Meski demikian jangan menikah karena usia, tapi menikahlah setelah yakin kamu dapat bertanggung jawab dengan pernikahanmu #ngelestapibener HAHAHA

Selawe. Tanggal dimana akan aku tulis segala hal yang menjadi pemikiran dan pengalaman bersama. Saben Selawe.

Sampai Jumpa di tanggal 25 selanjutnya!

 

 

Jakarta, 25 Juli 2017

-L-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s